giov.jpgMantan kapten kesebelasan Belanda di Piala Dunia 2010, Giovannie Van Bronckhorst akan berkunjung ke Jakarta selama tiga hari mulai 17 Maret nanti. Di Indonesia, Gio akan diterima Presiden Susilo Bambang Yudoyono terkait dukungannya terhadap perkembangan sepakbola nasional.

Kehadiran mantan wing back klub elite La Liga Spanyol, Barcelona, dipastikan atas nama pribadi ke negara leluhur sang ibunda, Fransien Sapulette yang asli Maluku. Hal ini sekaligus menegaskan kehadiran Gio ke Indonesia tidak terkait dengan program Indonesia Tanah Air Beta (ITAB) yang digagas oleh Kantor Staf Khusus Presiden Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah dan Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Program Indonesia Tanah Air Beta dimaksudkan untuk mendorong persepakbolaan nasional sehingga akan lebih maju ke depannya dengan prestasi yang membanggakan. 19 pemain Belanda berdarah Maluku dan empat ofisial termasuk pelatih Jhonny Taihuttu, kemarin pagi (Minggu, 1/3) mendarat di Bandara Soekarno Hatta untuk selanjutnya terbang ke Maluku.

Selama di Ambon, tim yang disebut The Jong Indonesia Team ini akan melakukan sejumlah kegiatan, antara lain melakukan laga persahabatan melawan ti sepakbola setempat pada Selasa (15/3) besok. Juga akan memberikan coaching clinic dan menggelar workshop tentang pembinaan sepakbola usia muda.

Dari Ambon, The Jong Indonesia Team dijadwalkan singgah di Denpasar Bali untuk berlibur sekaligus memberikan coaching clinic untuk pelaku sepakbola di pulau dewata. Rangkaian kegiatan akan diakhiri di Jakarta dengn menggelr laga persahabatan dengan salah satu klub elite tanah air di stadion Bung Karno, Sabtu (19/3).

“Berbagai kegiatan tim selama di Indonesia sama sekali tidak melibatkan Giovannie (van Bronckhorst). Kehadiran Gio ke Jakarta yang hampir bersamaan dengan kedatangan tim Belanda keturunan Maluku hanya kebetulan. Gio datang atas nama pribadi untuk mengunjungi negara leluhur ibunya, Indonesia,” tegas Amril Buamona, ketua panitia program Indonesia Tanah Air Beta, saat menjemput kedatangan tim yang diperkuat 19 pemain dan empat ofisial di VIP Room Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Minggu (13/3).

Selain bertemu dengan orang nomor satu di Indonesia, Gio yang pensiun dari tim nasional usai piala dunia 2010 dan kini membela klub Feyenoord Rotterdam Belanda, keberadaannya selama tiga hari di Jakarta akan dimanfaatkan untuk berbicara dalam workshop tentang pembinaan sepakbola usia muda dan memberikan coaching clinic. (adi/fir)