Setiap kali kita mempelajari sesuatu biasnya dimulai dari bahasa susah maupun payah, pernah kita lupa akan manfaat dan kaedah dalam mempelajari sesuatu. suatu sisi ini membuat jenuh, namun terkadang sangat membosannkan akhirnya melupakan, jadi bagaimana kita fokus..?? dari sini caranya berjalan, mencoba meniti lubang gelap, tapi pernahkan kita ingat dengan pepatah” habis gelap terbitlah terang..”? tentu..!! bahasa tersebut sebenarnya bisa dijadikan contoh.

Baik.. saya akan mencoba..!! waduh ternyata saya salah, banyak yang lebih paham atau pandai..!! jadi apa?? maukah lebih pintar ?? atau terbelakang..?? dengan mempelajari sesuatu jangan melihat pandangan orang lain terhadap kita, tapi pandangilah diri kita apakah layak disejajrkan dengan mereka-mereka diluar sana..?? jangan memandang remeh diri kita atau pun dengan mengatakan ” maaf saya tidak bisa “. Tentukan sekarang atau tidak sama sekali..!! hilangkan pesimistis dalm diri kita, semua untuk tujuan tertentu, kenapa saya mengatakkan demikian, adalah lumrah suatu apa pun harus dengan sasaran, tujuan , dan finalnya.. masa mesti bergellut dengan hal-hal lama, tentu tidak.

Didiklah diri kita agar lebih mandiri, buatlah sesuatu yang bermanfaat.. jadikan hidup ini menyenangkan, apa pun mau mu lakukan..!! tapi ingat..! semua ada aturannya, bila mengerti anggukan kepala anda, saya senang  bisa berbagi, saya senang bisa memberi, saya senang bisa bermanfaat untuk saya, anda, kita yang mau belajar.🙂