Windows7LogoPernahkah kita menjalankan sebuah file yang kita tidak dikenal extensi filenya ? Banyak modus penyebaran virus memanfaatkan extensi file yang sengaja atau tidak sengaja, tidak ditampilkan oleh user dan juga memanfaatkan external drive/removable disk sebagai  Saya sering menjumpai, bahkan terkena virus yang modusnya mengubah file .doc/.docx menjadi .exe dan kemudian virus menghidden file aslinya.  Meskipun Windows 7 sendiri telah dilengkapi beberapa fitur keamanan seperti UACApplocker, Windows Defender, Bitlocker dan Bitlocker to go ditambah lagi jika anda menggunakan Antivirus seperti Microsoft Security Essential, masih belum menutup kemungkinan komputer Anda aman dari serangan virus.

Secara default Windows 7 tidak menampilkan extension file, dengan tujuan tampilan explorer lebih sederhana karena akan menampilkan nama filenya saja, tapi kita dapat melihatnya dengan melakukan pengaturan pada Folder Options. Mungkin jika Anda sebelumnya pengguna Windows XP, Anda akan sedikit dipusingkan dengan letak pengaturan folder options. Pada artikel ini kita akan membahas tentang pengaturan folder option dan juga melihat file hidden dengan menggunakan Command Prompt.

How to Configure

Langkah pertama buka Windows Explorer dengan menekan tombol Windows+atau bisa juga dengan mengklik kanan ikon Windows pada taksbar dan pilih Open Windows Explorer.

Windows Explorer - Folder Options

Jika sudah pada bagian ujung atas sebelah kiri, klik Organize dan kemudian pilih Folder and search options. Maka akan memunculkan window Folder Options.

Folder Options

Pada tab View ganti pengaturannya seperti gambar diatas.

NOTE : Pada pilihan Hide Protected operating system file (Recommended) sebaiknya kita check, karena file-file system akan terlihat jika kita tidak menandai pilihan tersebut. Tapi, banyak juga file Virus yang memanfaatkan hal ini, file virus menyertakan file mereka menjadi file system sehingga jika kita tidak menandai pilihan tersebut maka file virus juga tidak akan terlihat.

Kita lihat perubahannya pada windows explorer, maka extensi file yang sebelumnya tidak ditampilkan setelah melakukan pengaturan ini akan ditampilkan.

File-file

Use Command Prompt

Sebenarnya kita juga bisa melihat file-file yang terhidden dengan menggunakan perintah CMD. Pertama, buka command prompt dengan menekan tombol Windows+ketik cmd dan enter.

Run cmd

Selanjutnya kita menentukan direktori yang akan kita lihat hidden file-nya. Misalnya C: , F: dsb. Ketikkan perintah dir /ahs /s

CMD-1

Pada gambar diatas terlihat bahwa ada beberapa file yang terhidden. Untuk mengilangkan attribut hidden kita dapat menggunakan perintah attrib –r – a –s –h /s /d

CMD-2

Untuk menghapus file anda dapat menggunakan del %filename% /s maksud dari perintah tersebut adalah menghapus semua file pada suatu drive yang bernama %filename% , jika pada penggunaan syntax del %filename% /s /ah /f digunakan karena file tersebut memakai attrib RSHA untuk lebih jelasnya tentang attrib bisa anda buka di help.

CMD-3

Conclusion

Ada istilah populer “Mencegah lebih baik daripada mengobati” mungkin kedua cara diatas dapat mencegah sekaligus mengobati drive anda yang tanpa anda sadari telah dihuni oleh file-file virus. Yah mungkin benar juga usabillity akan selalu berbanding terbalik dengan security. One of point view

Filed under: